10 Cara Adaptasi dengan Mudah

Mei 16, 2016


  
Kalian pasti pernah kan berada di lingkungan baru, yang masih asing banget buat kalian. Contohnya aja waktu naik jenjang sekolah, SD ke SMP, SMP ke SMA/K, SMA/K ke Perguaruan Tinggi, ataupun di tempat kerja sekalipun. Dan yang paling susah itu kalo kalian berada di antara orang-orang yang kalian nggak kenal sama sekali.

Nah, ternyata nggak cuma hewan aja nih yang butuh adaptasi. Kita pun juga butuh adaptasi untuk menyesuaikan diri kita di lingkungan baru. Kunci-nya yang pertama yaitu, jangan takut untuk berada di tempat baru meskipun kamu nggak kenal sama siapa-siapa, and "JANGAN MEMPERLIHATKAN RASA KHAWATIR" di depan umum 😅

Berikut Tips-tips Adaptasi di Lingkungan Baru :

1. Pelajari Situasi
Ininih termasuk yang paling penting dalam adaptasi di lingkungan baru. Pelajari situasi di sekitar kamu. Jangan asal bertindak, karena kecerobohan pada kesan pertama akan mengakibatkan pandangan fatal orang lain terhadap kita. Contohnya aja, waktu lingkungan sepi, kamu malah ramai teriak-teriak sendiri nggak keruan, nah itu bisa merusak citra kita di pandangan orang lain. Setidaknya kita harus mengikuti situasi yang ada di sekitar kita. Jangan lupa untuk menaati aturan yang ada yaa...

2. Jangan Takut untuk Memulai Percakapan

Ngaku aja deh, kali pertama kalian di lingkungan baru, pasti kalian jadi pendiam yang lebih pendiam daripada sebelumnya. Hilangin kebiasaan itu guys, kalo bisa sih kamu harus berani buat memulai percakapan. Ajak ngobrol dulu temen yang jaraknya paling deket sama kamu. Kalo dikira SKSD? Ya biarin aja, tapi tetep sopan ya, tau aturan dan estetika 😅

3. Jangan Malu untuk Bertanya
Kalo di tempat baru itu kamu nggak ngerti nih ya, jangan takut buat tanya orang sekitar yang udah lebih pengalaman (lama). Coz, kalo kamu tetep diam, trus tiba-tiba kesasar gimana? yang susah kamu sendiri kan. Jadi, ayo budayakan bertanya, Lebih baik tanya daripada nggak tau apa-apa, inget yaaa..

4. Jangan Asal Nebak
Tebak-tebakkan sama hati pasti pernah kan? Itu sering terjadi juga di saat kamu di tempat yang baru. "Eh nanti temen-temenku sombong-sombong?", "Kalo nanti gurunya killer gimana nih?" , "Ada nggak ya yang mau temenan sama aku?"
Guys, pikiran kotor macam itu sebaiknya ilangin aja dari pikiran kamu, beri pikiran sehat pada otak "POSTIVE THINKING" yukk, buat apa memelihara pikiran negativ kek gitu, mending kita posthink dan enjoy di linkungan baru itu.

5. Senyum
Senyum guys ️. Senyuman itu bisa mengusir pikiran negative dari otak kita dan memberikan pikiran positive bagi pikiran kita. Dan orang kalo lihat kita tersenyum pasti akan memberikan kesan pertama yang baik. Eitss.. senyumnya jangan waktu pertama kali ketemu aja ya, budayakan senyum guys. Karena senyum itu bisa jadi penyemangat bagi hidup kita. Tapi kalo senyum jangan gaada orang trus senyum-senyum sendiri, ntar bisa disangka orgil loh . . .

6. Jangan Sombong
Siapa sih yang ga pernah sombong? Pasti pernah kan. Nah, terutama buat kalian para penyimpan piala dan sertifikat, juga kaum kaum konglomerat. Inget ya guys, kemampuan dan kekayaan itu bukan buat kesombongan semata, karena semua itu cuma milik Tuhan. Apalagi kalian di tempat baru dan kalian udah sombong? So pasti banyak yang bakal mencemooh kalian, dan kemungkinan terbesar kalian ga punya temen di lingkungan barumu itu. Jadi, stop ya guys. Jangan sombong. . .

7. SKSD dilkit lahh
Buat kalian para pemalu-pemalu lovers, jangan diterusin ya malunya. Hehehe… Ada di tempat baru dan kalua kalian diem aja, dan alasan utamanya adalah malu, kalian salah besar guys. Gapapa lah SKSD sedikit, yang penting gak agresif banget gitu. Karena biasanya, SKSD bisa memperlancar kalian buat koneksi sama temen alias gampang cari temen.

8. Jangan Murung
Perasaan pertama kali di tempat baru pasti ada males-males gitu kan? Nah, hindari rasa males itu apalagi kalua kalian sampai murung. Waduh… itu bisa rusak image kalian di hari pertama, soalnya ga enak banget lihattin orang murung. So, tampilkan senyum p*psod*nt kalian dan buat hari pertama kalian menyenangkan.

9. Berkeliling
Berkeliling ini bagus buat kamu lebih mengenal lingkungan baru. Jangan lupa buat nginget tempat-tempat yang udah kamu kunjungi itu ya. Jangan sampai nyasar loh.

10. Be yourself
Ini terpenting guys, jadi diri kamu sendiri. Jangan muka dua, muka satu aja cukup kok, hehe. Jangan membohongi diri kamu sendiri, taati aturan yang ada di lingkungan baru itu, perbaiki sikapmu yang orang lain nggak suka. Bukan masalah kamu harus tampil menurut orang lain, tapi bisa jadi karena keegoisan kita sendiri yang malah menjerumuskan kita dalam ke sengsaraan. Jadi tetep jadi dirimu sendiri, dan jadi pribadi yang lebih baik di lingkungan baru itu


Nah itu guys, tips-tips adaptasi di lingkungan baru versiku, hehe. Semoga bermanfaat ya, Be Yourself, guys. Inget itu, dan jangan lupa terus alirkan pikiran positive di benak kita. See you . . .



You Might Also Like

0 komentar

Instagram